Thursday, October 1, 2015

Cara Memilih Susu Balita

Cara Memilih Susu Balita Terbaik


sumber: friso.co.id


Cara memilih susu balita terbaik salah satunya adalah yang tidak menyebabkan balita bunda terganggu kesehatannya. Jadi yang dimaksud di sini adalah bukan masalah merk, susu sapi, susu kedelai, susu formula dan lain sebagainya, tetapi lebih kepada, apakah balita bunda mempunyai reaksi tubuh yang sesuai dengan susu yang dia konsumsi. 

Terkadang untuk beberapa anak ada yang tidak bisa minum susu sapi, karena mereka alergi dengan susu sapi. Untuk balita yang mempunya masalah alergi dengan susu sapi, maka susu sapi yang paling terkenalpun bukan menjadi susu balita terbaik untuknya. Selain itu ada juga balita yang sensitif pencernaannya, beberapa susu bisa menyebabkan si balita sakit perut dan lain sebagainya.

Yang pasti jika balita bunda sudah berusia di atas 1 tahun, bunda sebaiknya memberikan si kecil susu tambahan selain ASI (air susu ibu), karena ASI hanya bisa memberikan dari kebutuhan gizi anak usia di atas 1 tahun. Untuk itu bunda sebaiknya waspada dalam memilih susu untuk balita bunda. Setalah anak berusia 1 tahun, susu tambahan yang diminumnya, selain ASI hanya menjadi santapan tambahan untuknya. Jadi sebaiknya bunda tahu dengan baik cara memilih susu balita terbaik agar manfaat dari susu tersebut menjadi optimal bagi balita bunda. Selain itu untuk para calon bunda, saat hamil, juga harus memperhatikan susu ibu hamil yang bunda konsumsi untuk kepentingan bunda dan si kecil di dalam kandungan.

Beberapa hal tentnag cara memilih susu balita terbaik akan dibahas di bawah ini:
1. Porsi
Perhatikan porsi yang akan bunda berikan kepada balita bunda. Jadi jangan berikan balita bunda dengan porsi yang berlebihan. Jadi sediakanlah balita bunda takaran yang tepat, sekalipun susu adalah sumber gizi yang mendekati sempurna bagi balita bunda. 

2. Kandungan Susu
Sebelum membeli susu, sebaiknya bunda membaca apa saja yang ada di dalam susu yang akan bunda berikan kepada si balita. Susu balita yang baik, tidak hanya rasanya yang disukai oleh si kecil, tetapi bunda juga sebaiknya tahu vitamin apa yang di dalam susu balita tersbut. Susu balita yang baikharus mengadung vitamin (A, D, E dan K). Untuk memenuhi gizi balita bunda, cukup berikan 2 gelas susu dengan takaran 500-600 cc.

3. Kiat memilih, membeli dan menyimpan
Pada bagian ini bunda harus cermat memilih susu balita terbaik untuk balita bunda. Jangan sampai salah memilih susu, karena jika bunda salah memilih susu balita terbaik, maka akan membuat bunda membeli, yang artinya akan mengakibatkan bunda menyimpan produk yang tidak sesuai dengan balita bunda. Untuk itu penting untuk Anda memperhatikan kemasan produknya dan jangan labelnya secara lengkap dan seksama.

4. Gonta-ganti merek 
Gonta-ganti merek susu formula itu wajar. Bunda boleh saja menggati merek susu si kecil, tapi pastikan balita bunda akan lebih suka dengan susu balita terbarunya. Karena pada usia balita si kecil sudah mampu membedakan rasa, aroma dan lain sebagainya. Selain itu pastikan juga agar susu yang diminum oleh ksi kecil tidak menimbukan efek samping seperti diare, kembung, muntah atau alergi. Selain itu pastikan juga bahwa berat badannya bertambah sesuai dengan yang diharapkan. Jadi pastikan bunda memberikan balita bunda susu balita terbaik.




No comments:

Post a Comment